awal » Berita » Bid_Pendataan » RaKor Pengendalian dan Evaluasi Program/ Kegiatan Pembangunan Triwulan I Tahun Anggaran 2016

RaKor Pengendalian dan Evaluasi Program/ Kegiatan Pembangunan Triwulan I Tahun Anggaran 2016

Senin, 18.04.2016 - 12:53:37 WIB
RaKor Pengendalian dan Evaluasi Program/ Kegiatan Pembangunan Triwulan I Tahun Anggaran 2016

Pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah diantaranya bertujuan untuk mewujudkan kesesuaian antara capaian pembangunan daerah dengan indikator-indikator kinerja yang telah ditetapkan, yaitu berupa evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah. Evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa visi, misi, tujuan dan sasaran pembangunan jangka menengah daerah kabupaten/kota dapat dicapai untuk mewujudkan visi misi Kepala Daerah.

Hal tersebut sesuai dengan amanah Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, pasal 155. Urgensitas Pengendalian dan Evaluasi program/ kegiatan dibahas dalam Rapat koordinasi yang diikuti 62 SKPD yang terdiri Badan, Dinas, Kantor, Setda, 15 Kecamatan dan 8 Kelurahan pada 13 dan 14 April 2016 di Ruang Rapat Bappeda di Mejayan.

Ditekankan pula mengenai tujuan evaluasi hasil RKPD sesuai Permendagri Nomor 27 Tahun 2014 Tentang PedomanPenyusunan, Pengendaliandan EvaluasiRencanaKerja Pembangunan Daerah Tahun 2015; bahwa untuk memastikan dan menilai bahwa target program dan kegiatan prioritas daerah dalam RKPD dapat dicapai dalam rangka mewujudkan sasaran pembangunan jangka menengah daerah dan pencapaian prioritas dan sasaran pembangunan tahunan nasional.

Pada kegiatan tersebut, SKPD melakukan input data anggaran, realisasi anggaran dan capaian kinerja TW I Tahun Anggaran 2016 pada aplikasi online SIMBANGDA (Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Daerah).