awal » Berita » Teknologi » Evaluasi Website SKPD Kabupaten Madiun

Evaluasi Website SKPD Kabupaten Madiun

Kamis, 28.04.2016 - 13:32:02 WIB
Evaluasi Website SKPD Kabupaten Madiun

Website tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi yang bersifat pasif, namun diharapkan bisa bersifat dinamis, sehingga fungsi dan peran website menjadi dua arah dan timbul efek timbal balik. Seperti telah di jelaskan dalam Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, yang berawal dari pemikiran tentang pertimbangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses pemerintahan yang diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Dengan terwujudnya website yang bersifat dinamis, diharapkan akan diperoleh aliran informasi yang optimal antara pemerintah-masyarakat dan sebaliknya, sehingga masyarakat akan terbangun rasa memiliki dan rasa kebutuhan akan website tersebut sebagai penyambung aspirasinya. Seiring dengan itu dengan adanya kemanfaatan website tersebut akan semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan.

Website yang dinamis inilah yang diharapkan dapat diterapkan masing-masing website di lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun. Untuk itulah diadakan rapat evaluasi SKPD Kabupaten Madiun yang dihadiri 43 operator website pada Selasa 26 April 2016 di Ruang Rapat Bappeda Mejayan Kabupaten Madiun.

Evaluasi ini berdasarkan hasil monitoring website pada www.simonsite.madiunkab.go.id. Dari monitoring tersebut masih banyak website yang belum sepenuhnya aktif menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Untuk itu PDE selaku leading sector keberadaan website pemkab memberikan motivasi pada operator untuk lebih aware terhadap keberadaan masing-masing website yang dikelolanya, baik terhadap ketersediaan data dan informasi, keamanan dan back up data. PDE juga siap memberi pendampingan secara teknis pada operator yang membutuhkan.(PDE)