Beranda » Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah

Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah

Diposting tanggal: 16.03.2018

Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah mempunyai tugas :

  • Melaksanakan   sebagian   tugas Kepala   Badan   yang   meliputi menyusun kebijakan teknis, merencanakan program, mengkoordinasikan, evaluasi dan pelaporan urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pertanahan, Perhubungan, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan Kecamatan.

  

Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan pada Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  2. Pelaksanaan koordinasi penyusunan rancangan RPJPD, RPJMD, dan RKPD Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  3. Pelaksanaan verifikasi rancangan Renstra Perangkat Daerah Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  4. Pelaksanaan koordinasi Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  5. Pelaksanaan koordinasi sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, Kegiatan Perangkat Daerah serta Kegiatan K/L, Prov di Kabupaten Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  6. Pelaksanaan koordinasi Kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  7. Pelaksanaan Pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  8. Pelaksanaan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  9. Pelaksanaan pengolahan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  10. Pelaksanaan koordinasi dan perumusan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  11. Pelaksanaan koordinasi penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah; dan
  12. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas fungsinya.

  

1)  Sub Bidang Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan  bahan penyusunan perencanaan program dan kegiatan pada Sub Bidang Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan;
  2. Menyiapkan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  3. Menganalisis rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan PU dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  4. Menyiapkan pelaksanaan Musrenbang RPJPD Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  5. Merencanakan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, Kegiatan Perangkat Daerah serta Dukungan pelaksanaan Kegiatan Pusat, provinsi  Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  6. Merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  7. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  8. Merencanakan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  9. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  10. Melaksanakan dan merumuskan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Sub Bidang Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan; dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

  

2)  Sub Bidang Perumahan, Permukiman dan Pertanahan mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan  bahan penyusunan perencanaan program dan kegiatan pada Sub Bidang Perumahan, Permukiman dan Pertanahan;
  2. Menyiapkan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  3. Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  4. Menyiapkan Pelaksanaan Musrenbang RPJPD Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  5. Merencanakan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, Kegiatan Perangkat Daerah serta dukungan pelaksanaan kegiatan Pusat, Provinsi  Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  6. Merencanakan Pelaksanaan Kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  7. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  8. Merencanakan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  9. Melaksanakan Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  10. Melaksanakan dan merumuskan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Sub Bidang Perumahan, Permukiman dan Pertanahan; dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

  

3)  Sub Bidang Pengembangan Wilayah, Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan  bahan penyusunan perencanaan program dan kegiatan pada Sub Bidang Pengembangan Wilayah, Komunikasi dan Informatika;
  2. Menyiapkan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  3. Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  4. Menyiapkan Pelaksanaan Musrenbang RPJPD Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  5. Merencanakan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, Kegiatan Perangkat Daerah serta dukungan pelaksanaan kegiatan Pusat, Provinsi  Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  6. Merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  7. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  8. Merencanakan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  9. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  10. Melaksanakan dan merumuskan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, Persandian dan urusan penunjang  Kecamatan;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Sub Bidang Pengembangan Wilayah, Komunikasi dan Informatika; dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.