Beranda » Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat

Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat

Diposting tanggal: 16.03.2018

Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat mempunyai tugas:

  • Melaksanakan sebagian tugas Kepala Badan yang meliputi menyusun kebijakan teknis, merencanakan program, mengkoordinasikan, evaluasi dan pelaporan urusan kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sosial, pemberdayaan masyarakat dan desa, transmigrasi, tenaga kerja, pendidikan, kebudayaan, perpustakaan, kearsipan, kepemudaan dan olahraga, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta urusan penunjang pemerintahan kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD.

 

Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat, mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan pada Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  2. Pelaksanaan koordinasi Penyusunan Rancangan RPJPD, RPJMD, dan RKPD Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  3. Pelaksanaan verifikasi Rancangan Renstra Perangkat Daerah Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  4. Pelaksanaan koordinasi Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  5. Pelaksanaan koordinasi Sinergitas dan Harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, Kegiatan Perangkat Daerah serta Kegiatan K/L, Prov di Kabupaten Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  6. Pelaksanaan koordinasi Kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  7. Pelaksanaan Pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  8. Pelaksanaan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  9. Pelaksanaan pengolahan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  10. Pelaksanaan koordinasi dan perumusan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat;
  11. Pelaksanaan koordinasi penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat; 
  12. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Bidang Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat; dan
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas fungsinya.

 

1)  Sub Bidang Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja pada Sub Bidang Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat; 
  2. Menyiapkan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi ;
  3. Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  4. Menyiapkan Pelaksanaan Musrenbang RPJPD Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  5. Merencanakan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, kegiatan perangkat daerah serta dukungan pelaksanaan kegiatan Pusat, Provinsi Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  6. Merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  7. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  8. Merencanakan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi
  9. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  10. Melaksanakan dan merumuskan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Urusan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tenaga Kerja, Transmigrasi;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Sub Bidang Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat; dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.


2)  Sub Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan perencanaan program dan kegiatan pada Sub Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia;
  2. Menyiapkan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  3. Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  4. Menyiapkan Pelaksanaan Musrenbang RPJPD Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  5. Merencanakan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, kegiatan perangkat daerah serta dukungan pelaksanaan kegiatan Pusat, Provinsi Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  6. Merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  7. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  8. Merencanakan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  9. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  10. Melaksanakan dan merumuskan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Urusan Pendidikan, Pemuda Olah Raga, Kebudayaan, Perpustakaan dan Kearsipan;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Sub Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia; dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.


3)  Sub Bidang Pemerintahan Umum dan Aparatur mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan perencanaan program dan kegiatan pada Sub Bidang Pemerintahan Umum dan Aparatur;
  2. Menyiapkan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  3. Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  4. Menyiapkan pelaksanaan Musrenbang RPJPD Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  5. Merencanakan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, Kegiatan Perangkat Daerah serta dukungan pelaksanaan Kegiatan Pusat, provinsi Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  6. Merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan APBD Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  7. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  8. Merencanakan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara berkala urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  9. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  10. Melaksanakan dan merumuskan rencana kerjasama pembangunan Wilayah Perbatasan antar Kabupaten, kerjasama dengan pihak ketiga (Non Pemerintah) Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penunjang urusan pemerintahan Kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Sub Bidang Pemerintahan Umum dan Aparatur; dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.