EMAIL bappeda@madiunkab.go.id
KONTAK 0351-461146
  • Home
  • /
  • Perencanaan Pembangunan Di Masa Pandemi

Perencanaan Pembangunan Di Masa Pandemi

Wabah Covid-19 yang melanda Indonesia memang berdampak pada hampir seluruh sektor, bukan hanya pada sektor kesehatan. Bahkan sektor ekonomi mendapat dampak yang sangat serius. Pembatasan kegiatan masyarakat yang sering disebut dengan istilah PPKM membuat aktivitas bisnis menjadi terhambat, yang kemudianberimbas pada perekonomian.

Virus yang muncul awal maret 2020 ini memang harus mendapat penanganan yang serius. Berbagai kebijakan telah diterapkan oleh pemerintah, dari pembatasan kegiatan masyarakat yang berskala kecil hingga berskala besar. Upaya tesebut memang terbukti efektif turunkan angka Covid-19. Selain itu, Pemerintah juga melaksanakan program vaksinasi.

Kabupaten Madiun merupakan salah satu daerah yang pernah menyandang status zona merah. Namun dengan adanya penanganan yang serius oleh pemerintah daerah, kasus lonjakan Covid-19 dapat diredam. Kegiatan PPKM Skala Mikro yang dilaksanakan di Kabupaten Madiun mampu menurunkan angka Covid-19, yang pada akhirnya membuat Kabupaten Madiun Keluar dari zona merah.

Bappeda yang mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan di bidang perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Madiun juga harus berpikir keras untuk tetap mewujudkan target pembangunan Kabupaten Madiun di saat terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor 119/2813/SJ dan Nomor 117/KMK.07/2020 tentang Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 dalam rangka Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Menuntut daerah dapat menyesuaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Beberapa program dan kegiatan yang dilaksanakan di setiap instansi Perangkat Daerah di Kabupaten Madiun sebagian tidak dapat berjalan sesuai target akibat adanya Refocusing dan Rasionalisasi Anggaran untuk penanganan Covid-19. Perancanaan pembangunan Kabupaten Madiun kedepannya akan diarahkan untuk mendukung penanganan Covid-19, penguatan jaringan pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi. Setiap Perangkat Daerah di Kabupaten Madiun harus melaksanakan program yang mendukung arah kebijakan tersebut. Perencanaan pembangunan memang harus tetap memperhatikan dampak dari Covid-19, perencanaan yang baik akan mampu menekan resiko dari dampak Covid -19.

Leave Your Comment Here

nineteen + 11 =